Senin, 23 Desember 2019


DOC Ayam Joper Tangerang


Belakangan ini ayam joper atau biasa dimaksud dengan ayam kampung super tengah digemari banyak orang di kelompok peternak ayam terutama peternak ayam kampung asli. lantaran ayam joper berikan pemecahan ditengah-tengah masalah yang dijumpai peternak ayam kampung asli, ialah lama-nya waktu panen ayam kampung ialah sampai meraih 6 bulan, masalah ini memicu harga ayam kampung asli di pasaran melompat naik.

Riwayat ayam joper 

Sebelum kita masuk ke pengkajian, lebih baiknya kita mengetahui dari mana asal masukan ayam joper. Ayam Joper atau yang biasa disebut dengan Ayam Jawa Super / Ayam Kampung super ini datang dari persilangan antara ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina.

Kelebihan ayam joper 

Ayam joper punya banyak sekali keunggulan serta kelebihan daripada ayam kampung asli, di samping kelebihan yang paling mencolok yakni cepatnya panenan ayam joper yang hanya 2 bulan, masih banyak kelebihan - kelebihan lainnya diantaranya adalah :
  1. Panen hanya 60 hari. 
  2. memiliki ketahanan badan yang tinggi dan tahan penyakit. 
  3. Daging serupa ayam kampung. 
  4. Tinggi Protein. 
  5. Rendah lemak. 
  6. Daging lebih lezat serta lebih padat. 
Bisnis ayam joper 

Karena cepatnya panen ayam joper, harapan untuk ternak ayam joper / ayam kampung super amat bagus untuk peternak ayam maupun penduduk yang ingin mencoba usaha.

Untuk seorang yang punyai mata yang bagus, tentunya mengetahui mengapa peluang usaha ayam joper begitu menjanjikan, bahkan juga satu orang yang bukan latar belakang peternakan pun tahu apabila usaha ayam joper amat bagus untuk ke depan nya.

Langkah pelihara ayam joper 

Pelihara ayam joper lantas tidaklah rumit seperti ayam yang lain, cukup hanya membaca buku peternakan dan mencari di situs internet anda dapat banyak mendapatkan beragam trik dalam memelihara ayam joper.

Beternak ayam joper dengan mode umbaran 

Salah satu teknik buat pelihara ayam joper adalah dengan memeliharanya dengan tehnik umbaran atau biasa disebutkan dengan free range, yaitu teknik perawatan ayam secara mengumbar ayam atau mungkin tidak dikandangkan.

Ayam diberi kebebasan dan dilepas buat bergerak bebas di tanah, meskipun tidak dikandangkan, tapi tidak liar karena tetap dikasih pembatas berwujud pagar dengan lingkup ruang yang luas.

Dengan teknik ini anda punyai banyak keuntungan, diantaranya ialah :

Harga pakan lebih murah serta daging lebih sehat

Anda tidak perlu beli pakan pabrikan yang harga terhitung mahal, anda hanya butuh memberikan pakan ayam anda makanan tersisa atau di campur dengan bahan organik.

Terutama yakni ayam lebih bahagia serta membuat bobot lebih berat.

Mungkin anda salah satunya dari beberapa ribu peternak ayam yang tidak perhatikan kebahagiaan hewan ternak anda, pasalnya nyata-nyatanya ada suatu organisasi peternakan dunia yang memperlakukan hewan ternaknya dengan kasih sayang yang namanya Mercy for Animal atau kasih sayang buat hewan.

Dalam organisasi ini begitu memperhatikan hewan ternaknya, yang palinglah penting tidak boleh ada kekejaman serta kekerasan dalam membesarkan hewan ternaknya.

Disamping hal tersebut kebahagiaan hewan adalah hal sangat penting dalam peternakan, terutama peternakan ayam. kalau ayam bahagia jadi pakan yang telah dikonsumsi ayam itu akan jadi daging makin banyak daripada ayam yang punya tingkat stress yang tinggi, pakan yang menjadi daging dapat sedikit sekali.

Buat pembersihan sistem umbaran ini, dijalankan tiap-tiap satu minggu sekali, jadi sekam yang kotor dapat diambil, lalu ia dapat menukar dengan sekam yang baru. Jadi, kotorannya dapat langsung terbuang beserta sekamnya. Yang membuat teknik ini amat praktis, bertambah cepat, serta lebih mudah.

Analisis usaha ayam joper 100 ekor 

Penting juga buat perhatikan dan pelajari pengamatan usaha ternak ayam joper, dengan riset ternak ayam joper kita bakal memiliki data yang akan menunjang ternak kita seperti diantaranya modal yang dibutuhkan, biaya operasional ternak, hingga penghitungan rugi dan untung yang dibuat dari ternak.
sampai sini barangkali anda sudah memahami kenapa pengamatan usaha ayam joper sangat penting, memang pandangan kajian ini begitu penting serta benar-benar berpengaruh untuk peternakan kita kedepannya, mengingat kalau kita salah menelaah usaha kita jatuhnya yakni kehancuran serta menyebabkan tidak sukses beternak ayam joper.

Dalam memulai usaha ternak ayam joper ini lebih baiknya kita coba 100 ekor lebih dahulu jangan terburu nafsu dengan membeli banyak ayam, dengan kita mencoba beternak ayam joper dengan kemampuan 100 ekor, kita bisa menilainya serta untuk hindari satu hal yang tidak diinginkan.

Lantaran pada prinsipnya anda masih pemula pada dunia ternak ayam joper, tentu saja pada waktu memulai ternak kita akan alami kebingungan, untuk selanjutnya apabila dirasakan telah lumayan mampu dalam beternak, maka anda bebas pingin beternak sekitar apapun, akan tetapi sebaiknya apabila itu dilaksanakan lewat cara setahap.

Telah waktunya kita analisis ternak ayam joper 100 ekor, kita asumsikan seperti berikut :
  • Harga DOC Ayam Joper (100 ekor) = Rp.580.000 
  • Pakan Ayam Joper brand BR1 4 sak = Rp.1.400.000 
  • Vaksin = Rp.100.000 
  • 5 Bohlam lampu 100 watt = Rp.20.000 
  • Ransum pakan serta minum = Rp.150.000 
  • Listrik perbulan = Rp.20.000 
Dengan penghitungan seperti di atas kita peroleh total Rp. 2.270.000 andaikata mengasumsikan bahwa per ekor ayam kita memperoleh berat rata 0.9 kg, dengan mencermati harga daging ayam joper sekarang capai Rp 29.000 per KG di kali kan dengan 95 KG maka kita bakal memperoleh keseluruhan penjualan Rp 2.755.000 yang bermakna kita peroleh untung sebesar Rp 485.000 per 100 ekor nya.

Tetapi keuntungan di atas belum termasuk perawatan lainnya, seperti sediakan kandang yang pantas buat ayam joper, pakan pabrikan, hingga ransum pakan dan tempat minum.

Bila anda mengidamkan peningkatan berat ayam yang relevan, anda perlu bikin kandang ayam anda dengan penilaian kategori umur, dari DOC hingga siap panen dan pemberian pakan serta minum yang mendalam apabila memang perlu dibuatkan agenda buat pemberian pakan dan minum. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar